Walikota Tangerang Resmi Buka MTQ ke20

0 0
Read Time:1 Minute, 48 Second

POTRETTANGERANG.ID, Kota Tangerang – Penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-20 Tingkat Kota Tangerang Tahun 2019 yang berlangsung mulai 16 Oktobed sampai 19 Oktober 2019, resmi dibuka oleh Walikota Tangerang, H Arief R Wismansyah dan Wakil Walikota Tangerang, H Sachrudin, pada Rabu (16/10), di Buana Garden, Kelurahan Pinang, Kecamatan Pinang.

Berbagai rangkaian acara pembukaan MTQ XX tersaji sejak siang hari, mulai dari pawai ta’aruf yang diikuti ribuan peserta dan defile kafilah peserta MTQ XX dari tiap kecamatan. Selain itu, acara juga dimeriahkan dengan aneka stand bazzar UKM Kota Tangerang dan tampilan grup Band Not 7.

Dalam sambutannya kali ini, Arief menjelaskan bahwa MTQ yang digelar
tiap tahunnya menjadi upaya pemerintah bersama masyarakat untuk menanamkan nilai-nilai Al-Qur’an sebagai pondasi dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Pemerintah Kota Tangerang mengukuhkan Unit Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (ULPTQ) Kelurahan se-Kota Tangerang yang berjumlah 104 unit, dengan menunjuk Sekretaris Kelurahan yang bertanggungjawab sebagai ketua ULPTQ.

“Bagaimana kita menanamkan nilai-nilai Qurani juga menjadi bagian dari budaya masyarakat Kota Tangerang,” ungkapnya.

“Maka sekarang, di tahun ini, kita ingin LPTQ mengakar hingga ke bawah, yang artinya pembinaan tidak berhenti di tingkat kecamatan,” imbuh Walikota.

Menurutnya, pembinaan bagi qori-qoriah nantinya bukan hanya dilakukan oleh pemerintah saja, tapi justru masyarakat ikut berperan.

“Seperti kelompok-kelompok majelis ta’lim, pembina pondok pesantren, pengurus masjid dnan mushola, dan lain sebagainya lewat ULPTQ bisa membantu,” terangnya.

Arief melanjutkan pembinaan tersebut, dimaksudkan agar nantinya Kota Tangerang memiliki persiapan di MTQ Provinsi Banten sampai ke nasional.

“Inikan yang kita jaga originalitas, jadi pesertanya harus benar-benar warga masyarakat Kota Tangerang, doakan mudah-mudahan tahun depan kita
bisa terus berprestasi,” jelasnya.

Walikota pun berharap seluruh qori-qoriah yang berlaga di MTQ dapat menjadi motivasi bagi anak-anak lain di lingkungannya agar mau ikut membumikan Al-Qur’an.

“Apalagi di jaman milenial sekarang, jangan sampai mereka meninggalkan Al-Qur’an dan sunnah yang menjadi pedoman dalam rangka mewujudkan masyarakat berakhlakul karimah,” tutupnya.

Sebagai informasi, Mustabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) XX Tingkat Kota Tangerang Tahun 2019 mengambil tema “Implementasi Nilai-Nilai Alquran Sebagai Pondasi Membangun Masyarakat yang Berdaya Saing dengan Landasan Akhlaqul Karimah” yang diikuti 644 peserta dari 13 kecamatan. (Gor/Yip)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Mungkin Anda juga menyukai

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *