Angkut Penumpang di Jalan Raya, Tiga Mobil Odong-Odong Diamankan

0 0
Read Time:1 Minute, 18 Second

POTRETTANGERANG.ID, Kabupaten Tangerang – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Tangerang mengamankan tiga unit kendaraan roda empat, yang sudah dimodifikasi menjadi mobil pariwisata. Pasalnya, mobil modifikasi yang biasa disebut mobil Odong-Odong tersebut, digunakan mengangkut penumpang di jalan raya.

“Mobil Odong-Odong itu telah melanggar persyaratan tekhnis dan layak jalan, sesuai pasal 285 Ayat 1 dalam undang-undang Lalu Lintas Nomor 20 Tahun 2009,” ujar Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Tangerang, Kompol Robby Hari Saputra kepada awak media, Rabu (24/3/2021).

Menurutnya, sangat tidak layak dalam segi keamanan dalam mengangkut penumpang, berakibat rawan kecelakaan. Bahkan, setiap kendaraannya bisa membawa penumpang hingga 18 orang.

“Serta pelanggarannya tak hanya itu, kendaraanya ada yang digunakan sebagai angkutan karyawan dan angkutan umum dari satu titik ke titik lainnya di jalan raya,” terang Kompol Roby di Satlantas Polresta Tangerang setelah mengamankan.

Penindakan serupa akan dilakukan secara bertahap, artinya tidak ada razia khusus, namun akan melakukan penindakan kembali mobil Odong-Odong ini. Apabila menemukan mobil modifikasi semacam ini di jalan raya, petugas akan langsung memeriksanya. Odong-odong yang memenuhi unsur pelanggaran, maka akan langsung diamankan.

“Kita amankan agar tidak terjadi pelanggaran serupa. Kalau dibiarkan, akan banyak dan menjamur mobil Odong-Odong, sehingga menjadi rawan kecelakaan,” ungkap Kompol Robby.

Sebenarnya, lanjut Robby, mobil Odong-Odong itu ialah mobil pariwisata yang di dalam perda hanya boleh digunakan di kawasan pariwisata.

“Untuk itu, kita (Satlantas Polresta Tangerang-red) mengimbau kepada para pengusaha, baik pengusaha karoseri atau pengusaha modifikasi mobil seperti ini, harus mengerti aturannya dan dapat menyampaikan kepada pemilik kendaraan tidak bisa digunakan di jalan umum,” imbuhnya.(Bam/Yip)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Mungkin Anda juga menyukai

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *