Program Sanisek Bantu Sekolah Hadapi Pandemi Covid-19

0 0
Read Time:1 Minute, 24 Second

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar memakai baju batik bercorak ungu tengah memparkan Program Sanisek.

POTRETTANGERANG.ID, Kabupaten Tangerang – Sanitasi merupakan benteng awal dalam kesehatan. Guna mendorong sadar sanitasi sejak usia dini atau masa sekolah. Pemerintah Kabupaten Tangerang memprogramkan Sanitasi Berbasis Sekolah (Sanisek) pada 2013 silam.

Program Sanisek pun terbukti menjaga kesehatan, saat dimasa Pandemi Covid-19 melanda diseluruh dunia, khususnya di Kabupaten Tangerang.

“Ini kita lakukan sebelum Covi-19 pada 2013 sampai 2015. Lalu ketika Covid-19, Sanisek itu berguna. Pemahaman anak-anak bagus, seperti mencuci tangan dengan sabun, itu bisa menghindari kita dari Covid-19. Memang program ini sangat luar biasa,” jelas Bupati Tangerang, Ahmed Xaki Iskandar dalam City Sanitation Summit (CSS) XX di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City Kabupaten Tangerang, Kamis (8/9).

Program ini menjadikan WC sebagai fokus peningkatan sanitasi di sekolah, yakni dengan menjadikan lokasinya didekat gerbang sekolah dan bersih. Penempatan ini bertujuan agar semua pihak dapat menjaga murid dari kejadian yang tidak diinginkan.

“Kami memutuskan seluruh WC, kalau memungkinkan itu didekat gerbang masuk sekolah. Tujuannya, agar komunitas bersama-sama mengawasi dan memelihara sanitasi. Dengan begitu ada tanggung jawab moral untuk konsisten mereka merawat itu (WC),” terang Zaki.

Dalam hal sanitasi ini, jika kepala sekolah tidak memperhatikannya dengan baik, maka kepala sekolah tersebut akan diganti. Jadi, diharapkan sekolah dapat merawat sarana dan prasarana kesehatan yang ada.

“Kita punya stok kepala sekolah itu banyak. Kalau kemarin kita punishment yang tidak merawat itu pemberhentian sementara, tapi sekarang, kalau tiga kali ditegor tidak dirawat, ya kita hentikan,” imbuh Zaki.

“Program pengawasan juga kita tempatkan di BOS Daerah untuk pemeliharaannya, tidak ada alasan sekolah tidak punya anggaran,” pungkasnya. (ADV)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Mungkin Anda juga menyukai

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *