KPU Kabupaten Tangerang Ungkap Data Enam Bacaleg Ganda

0 0
Read Time:1 Minute, 16 Second

POTRETTANGGERANG.ID, Kabupaten Tangerang — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang menemukan enam (6) data Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) ganda, yakni baik secara internal maupun eksternal.

PLT KPU Kabupaten Tangerang Ita Nurhayati mengatakan, enam nama Bacaleg tersebut berasal dari partai Nasdem, Golkar, Perindo dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

“Untuk data ganda yang kita temukan ini, seperti Bacaleg yang terdaftar di dua Parpol, kemudian ada juga data Bacaleg terdaftar di dua daerah pemilihan (Dapil) dan ada juga yang terdaftar di DPRD Kabupaten dan Provinsi,” ujar Ita Nurhayati, Rabu (31/5/2023).

Atas temuan itu, lanjut Ita, KPU pun akan memberikan kesempatan bagi Parpol untuk melakukan perbaikan. “Untuk Verifikasi administrasi kesesuaian dan kebenarannya. Nanti verifikasi penyampaian ke Parpol tanggal 24 dan 25 Juni, untuk Perbaikan 26 Juni sampai 9 Juli,” jelas Ita.

Dalam hal ini, Kasubag Teknis Penyelenggaraan Pemilu Partisipasi dan Hubungan Masyarakat KPU Kabupaten Tangerang Didi Mulyadi menambahkan, terdeteksinya nama 6 orang yang di nilai Bacaleg ganda, setelah melakukan vermin bacaleg. Dengan menggunakan aplikasi silon yang di miliki oleh KPU.

“Ini di ketahui setelah berkas Bacaleg di uploud di aplikasi silon untuk menganalisis data para bacaleg. Di dalam aplikasi silon itu pihaknya menemukan 6 nama Bacaleg ganda,” terangnya.

Ia menjelaskan, setelah proses verifikasi berakhir, maka data ganda itu akan disampaikan kepada setiap Parpol yang bersangkutan sebagai langkah klarifikasi untuk dilakukan perbaikan.

“Jadi, apabila ada terindikasi ganda baik ganda Dapil atau ganda Parpol maka yang bersangkutan harus memilih salah satunya, kalau kita KPU memberikan kewenangan sepenuhnya kepada Parpol termasuk kepada Bacalegnya untuk memilih,” bebernya. (Bam/Yip)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Mungkin Anda juga menyukai

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *